Thursday, November 26, 2020

Disrupsi Bermodal Segregasi



Sebuah tulisan yang pernah diupload di chirpstory pada 1 April 2018 dengan link https://chirpstory.com/li/387507. Chirpstory akan berakhir di Desember 2020.


Waspada atas korupsi mindset dan Kesewenangan sosial


Mau bahas tentang distruptif dan Segregatif. Seiring dengan naiknya input informasi dan kemampuan menghasilkan output langsung berbentuk opini, menyebabkan ada satu kondisi yang sering tidak disiapkan, yakni definisi toleransi sendiri.

Semakin individu atau grup memiliki peran sosial, bahkan kekuasaan, maka skill toleransi adalah kunci untuk mengecilkan efek disrupsi dan segregasi

Kata disrupsi lagu sering digunakan , atau bahkan ngetop ketika (mungkin kita) mengabaikan toleransi . Sedangkan istilah segregasi mulai sering digunakan di saat ada ketimpangan data yang menimbulkan sebuah penyikapan, baik itu positif, ataupun negatif.

Saat ini, bisa terjadi kondisi silang, antara meningkatnya impact sosial individu, dengan minimnya penguasaan data. Kombinasi silang nan mematikan ini menjadikan segregasi jadi pemutus, dan disrupsi sebagai daya jual.

Umpan silang bisa menyebabkan terbantainya toleransi secara masif dan mewabah. Banyak bisnis terdisrupsi. Coba cek, bisnis yang terdisrupsi itu punya toleransi/daya adaptasi tinggi terhadap pertumbuhan data tidak? Ya kalo tidak ya wayahnya. Saat ini mungkin menjadi keniscayaan, jika lu punya data, dan tak bisa lu valuasi, atau minimal dipetakan potensinya, Ya kena lah disrupsi itu.

Kenapa ngetwit ginian, ribet banget urusin data. Iye, karena nanti kalo udah ngurusin blok-blokan, chain-chainan, yg dijadikan komoditi sosial, bisa lebih ribet lagi kalo ga paham data. Begituh. Lalu ada hubungannya ga dengan 2030?

Ada Hubungannya, bagaimana menciptakan indonesia yang kuat, tak hanya berbasis panji-panji, tapi data yang tervaluasi. hmm.. bahasanya kehalusan, pengen ngomong yang harafiah ntar kena pasal.. ngopi is hayu.

Ketika kehidupan bersosial dijadikan algoritma, oleh mesin mesin berbasis AI itu, ga perlu lagi ada panji panji. Begitu. Panji bendera ye, bukan konten humor. Saat sadar data, minimal ga login, download apps , terima telepon, kirim company profile, tukar data, sembarangan. Walau harus tetap memultiplikasi koneksi.

eh.. bahkan save data juga si jangan sembarangan.

Kasian ya repot. Daripada kejeblos..


Sementara segini dulu. Sarapannya tadi ga banyak.





No comments: