Wednesday, November 25, 2020

How to Adapt Disaster



Sebuah tulisan yang pernah diupload di chirpstory pada 26 April 2017 dengan link https://chirpstory.com/li/367718. Chirpstory akan berakhir di Desember 2020.

 Short writing about how we respond disaster

Kemampuan bertindak saat bencana adalah kemampuan yang harus terus dilatih. Sama halnya dengan kemampuan bela diri. Kurikulum untuk pendidikan dasar di Jepang meletakkan kesadaran atas respon situasi darurat sejalan dengan kemampuan bersosialisasi. Antri, bersihkan wc, aktivasi jalur evakuasi. 3 Hal ini bagian dari perlindungan diri.

Kecelakaan di jalan juga bencana. Kemampuan saat berdarurat membuat kita tak abai saat jadi penonton kecelakaan di jalan. Apa yang terjadi saat kemampuan respon bencana ga dilatih?

1. Kacaunya jalur evakuasi

2. Munculnya kepanikan baru yang membuat kerusakan baru

3. Bottleneck logistik

4. Putusnya rantai/hirarki komando dari regulator yang memiliki otoritas dalam penanganan bencana.

5. Turun drastisnya saya tahan

Tulisan ini ditujukan untuk menyemangati insang yang selalu mengeluh saat diajak simulasi bencana di kantornya. Bagi saya, cukup dua kali merasakan kejadian, yang pertama hampir mengalami kebakaran rumah, dan yang kedua saat menghadapi gempa Yogya. Bagi saya, mitigasi dan latihan evakuasi membuat kesadaran saat bencana itu teh keniscayaan.



No comments: