Sunday, November 15, 2020

Konservasi Sampah Individu, Sebuah Dialektika





Sebuah tulisan yang pernah diupload di chirpstory pada 11 April 2014 dengan link https://chirpstory.com/li/199676. Chirpstory akan berakhir di Desember 2020.


Untuk pilihan mengubah atau menjadikan tetap alami, rasanya menjaga tanah dan tanaman untuk tidak dibangun adalah pilihan logis. Termasuk tempat pengelolaan sampah. Jika me-manage sampah bs bikin orang lebih bijak & pintar, rasanya tempat sampah adalah wadah absurd.

Berapa kilogram, liter, dan debit cairan kotorankah buangan sampah individu kita di setiap minggunya? Itu bukan urusan kita? Akhirnya seperti di singapura.. Adanya tempat sampah adl simbol kite bs merokok atau tidak.. Menarik dr sisi penandaan kota.

Sampah dan pewadahannya bukan lagi masalah kolektif. Tp harus jadi sistem manajemen aktivitas individu. Kalo Jmat kita berani hidup bersih dg bersepeda, knapa ga sekalian dengan hari penaklukkan sampah individu

Saat ini bagi saya.. Kertas adalah untuk wadah karya (yg bisa abadi)..Sedangkan utk berbahasa (adm, tukar info), Rasanya teknologi digital sudah bisa menjawab. Minimal sampah individu bisa dikurangi. #conserve

No comments: