Friday, November 20, 2020

Maksimalkan Kertas Kerja !




 Sebuah tulisan yang pernah diupload di chirpstory pada 11 April 2014 dengan link https://chirpstory.com/li/201377. Chirpstory akan berakhir di Desember 2020.


sekali-kali gambar kerja (denah) naek level lah jadi karya.. Biar ga hanya jadi arsip... #notetoself. Proses yang panjang dalam mendesain justru bisa dikemas jadi karya penuh inspirasi dari sudut pikir yang lain. #worksheet.


Desain ramah dg alam pun dimulai dr penggunaan kertas yg tak lg jd "kurir" tapi jg "messenger"..terpakai jangan lagi masuk gudang arsip. Efeknya, akan terjadi pesan-pesan yang efisien dalam desain.. Supporting design bisa dikemas dalam file digital (3D detail).


Sketsa konsep, studi bentuk, dan mindmapping sangat potensial untuk dijadikan karya grafis, 2D maupun 3D. Pre Eliminary Design, Feasibility studies , merupakan fase potensial yg bisa dijadikan karya animasi. Karya bisa berefek pada penciptaan ruang positif, hingga penyimpanannya dlm bentuk galeri/museum/ruang aktivasi.


Mengurangi kebutuhan gudang, mengefisienkan arsip kerja/mengonversi jadi karya, adalah solusi "mengalirkan oksigen" pada bangunan dengan lebih maksimal. Jika terbiasa mengonversi ruang dan energi menjadi positif, maka terbentuk sebuah sistem kesinambungan dan #konservasi #worksheet


Desain bangunan yang baik justru tak banyak aturan, tapi order (kesepakatan) bentuk, frekwensi (komitmen), dan mengalir (sustainable). Tak perlu aturan "jangan buang sampah", jika memang sebuah aktivitas di sebuah teritori tak lagi hasilkan sampah/undefined object/archive.







No comments: